galau++

sebenernya gue bukan termasuk gampang dalam hal mellow mellow-an.
tapi di lain sisi gue juga bisa nangis karena suatu hal.meskipun itu kadang hanya dipendem.
banyak orang bilang gue cuek.malah kalo belom begitu kenal gue kayak apa, orang bakalan liat gue..judes,jutek,sinis,.dan hal hal yang pertama kali terlintas di benak mereka kalo sepintas* doank liat gue.
penilaian orang emang boleh beda beda..itu subjektif.

masuk ke cerita..

kemaren malem gue bener bener galau sama diri gue sendiri.
gue ngerasa lagi ngeyakinin diri gue aja.. gue tanya. sebenernya orang kayak apa gue itu.
soal perasaan emang susah buat diungkapin. terlalu sering menutup nutupi perasaan jelasnya.
dan kalopun gue dapet masalah..gak jarang cuman* gue pendem sendiri.
banyak ahli psikolog yang bilang..kalo suatu persoalan yang menimpa kita tidak dikeluarkan (baca: dipendam)..kita akan merasa persoalan itu akan selesai dengan sendirinya.
tapi sebenarnya tidak..persoalan itu hanya bersembunyi di dalam diri kita,.ditimbun perasaan dan persoalan lain yang kita pendam.seperti hilang,.tapi tidak.
suatu saat satu persoalan tadi akan keluar..dan malah menjadi lebih hebat dari sebelumnya,lebih menyakitkan..dan lainnya.

oke.lanjut.
kemaren malem sodara gue dari pare,tulungagung,trenggalek…*tauk ah* dateng..
ketemu sama sodara sodara yang udah men dari kecil.
kalo dipikir pikir..ketemu orang di masa kecil pasti beda banget kalo ketemu pas udah besar.
canggung..atau gimana,tergantung orang.

kemaren malem gue ketemu dia. sodara gue disana* yang dari kecil kita udah sering main bareng..tepatnya kalo gue datengin rumah dia pas lebaran.
panggil aja dam*, cowok, adek gue setahun.
waktu kecil kalo kita semobil mau silaturahmi ke rumah buyut..kita pasti duduk di bangku belakang berdua.
dia suka banget nyanyiin stasiun balapan waktu itu.ngikutin radio kadang,,
sering juga bagi bagi makanan yang dia bawa dari rumah.
inget banget..

dam: mau ini gak?? (ngasihin donat sambil ketawa)
gue kecil: mau. ^^
dam: (makan donat diselingin nyanyi stasiun balapan (?). kalo besok besar kita naek kereta bareng ya..di stasiun balapan.. (senyum)
gue kecil: iya..(senyum)
dam: ntar aku yang jemput kamu.. (senyum). kayak di lagu stasiun balapan ni lho.. (nyanyi lagi)

waktu itu juga sering banget di ejek ejekin barengan..sama anggota keluarga laen.
dan kalo gue kesana (baca:pare) selalu dibilangin.. ‘ntar ketemu mas dam* ya..inget gak..? sama mas dam*..?’

lagi lagi silsilah..meskipun tua gue cuman setahun.dulu kalo manggil sodara cowok harus pake mas..cowok harus di’tua’kan.
gue yang masi kecil cuman manggut manggut.,
gank* gue disana ada 3 orang.. gue,dam, sma mbak lita.
soalnya cuman kita bertiga yang eksis waktu itu.haha*

nah.kemaren malem rombongan dateng..termasuk dia. ada pak de,budhe,afan,ashad,ana,dan satu cweek.
udah berubah banget.udah gede. gue gak pernah liat mbak lita lagi..
tapi kemaren ada anak cewek .seumuran dam ikut.
tapi gue pikir itu bukan mbak lita. pendiem banget..
dan bukan mbak lita banget..

ngobrol ngobrol nostalgia dan masa kini pun dimulai..
trio kecil* afan,ashad,ana..ribut sendiri main game.
dam diem.
sekarang dia masih kelas 1sma.baru masuk.gue taun depan lulus..ammiin*
dam tinggi banget.bener bener tinggi untuk seukuran anak 1sma. sekilas mirip bondan*. =P

oiyah..pak de gue yang ini..mirip banget sama eyang kakung (alm.) gue..
liat beliau jadi liat kakung gue lagi..kangen.

dam sama sekali gak ngomong waktu semua ngobrol ngobrol..
gue pengen mulai ngajak ngobrol.tapi dam tertutup banget.susah ngajak dia ngomong.

dalem hati gue mikir..udah besar berarti tumbuh..tapi seharusnya gak berubah.

jujur,gue kangen banget masa masa kecil gue sama mereka. anak kecil emang belom tau perasaan. seneng aja kalo ketemu sodara.

gue bener bener kangen.campur aduk.
liat keluarga ini.semua kayak ke-flashback.

setelah mereka pulang..udah malem..sekitar jam 10-an.
gue tambah campur aduk..usaha gue buat mencairkan* suasana gak kebukti..bahkan gak ‘ngena’ sama sekali.

gak lama.abis sholat isha..gue nangis.

inget semua memori masa kecil gue bareng yangkung*.
inget masa kecil gue bareng dam dan mbak lita di pare..
inget semua.

sayangnya gue mulai lupa akan apa aja yang pernah yangkung gue lakuin di rumah.
gue masih inget cara beliau ngomong ke gue..satu yang gue pegang,,
waktu itu gue ikut kesawah bareng yangti yangkung..lagi mau panen.
gue ditinggal di gubuk sendirian,jagain makanan katanya. gue emang suka di gubuk..adem.
gak lama setelah yangti yangkung gue udah di tengah sawah sana..gue liat ada ular warna oranye lumayan besar di bawah gubuk..tapi untungnya gak ngerayap naik.

gue panik.otomatis manggil manggil eyang gue.

mereka langsung nghampirin gue..gue bilang tadi ada ular.
gue jelasin.
eyang gue udah tenang pas tau ularnya udah pergi..’itu jelmaan nduk’.kata yangti.

sorenya kita pulang.
nyampe rumah kita rebahan di ruang tengah,ngemil,nonton tv,sambil bercandaan.

gue kecil: yangkung..ada kodok
yangkung: lho..mana.(liat ke belakang)
gue kecil: hehhe..gak ada.
yangkung: woo..tak kiro tenanan lho.
gue kecil: hhehehehehe..
yangkung kok percaya.hhe
yangkung: ya tho..cucu kan gak bohongin eyangnya” heheheh.
gue kecil: hoo….brarti aku bohong..

cucu kan gak bohongin eyangnya.

suer..yangkung gue sayang banget sama gue.
dari kecil paling deket gue sama yangkung.
gue inget lagi.gue suka naek truk.ke sawah bareng yangti yangkung..ke selepan padi..tiduran di halaman selepan malem malem cuman buat ngliatin kunang kunang..tiduran di gubuk..makan di jalan jalan rumput samping sawah.
inget kalo mau makan,.pekerjanya eyang suruh istirahat.. eyang triak. ” heee..! le!..mrene nglaut sek kene..!!!”
maksudnya suruh istirahat dulu,,makan.

inget lagi gue sering dianter yangkung ke sekolah.gue suka sebel dulu kalo dianternya telat..meskipun gue tetep bisa masuk gerbang.

dari itu yangkung ngajarin kesabaran..alon alon sing penting kelakon.

semaleman gue nangis pindah pindah..biar yang lain gak liat gue nangis..
apalagi yangti.

jujur,,kangen banget gue sama yangkung. =’)
grandfather…all over.

One thought on “galau++

Leave a Reply

